spot_img
14.7 C
London
spot_img
HomeNewsCara Membuat Hardisk Eksternal Sendiri

Cara Membuat Hardisk Eksternal Sendiri

NGORBIT.id – Begini cara mudah Cara Membuat Hardisk Eksternal sendiri, walaupun untuk membeli hard drive eksternal dengan kinerja yang wajar akhir-akhir ini cukup sulit. Banyak opsi USB menggunakan teknologi hardisk lambat yang disebut SMR yang sulit dikenali. Jika Anda menginginkan kecepatan transfer yang baik dengan harga yang wajar, Anda harus memutar sendiri. Begini caranya.

Mengapa Membangun Drive Anda Sendiri?

Setidaknya sejak tahun 2020, produsen hard drive USB eksternal telah menggunakan teknologi yang disebut Shingled Magnetic Recording (SMR) dalam produk mereka yang meningkatkan kapasitas dan menurunkan biaya, tetapi secara dramatis membatasi kinerja drive. SMR menggunakan metode khusus untuk menimpa sebagian trek yang ditulis sebelumnya pada piringan hard disk (seperti sirap di atap rumah). Sebaliknya, hard drive Perekaman Magnetik Konvensional (CMR) menggunakan metode penulisan paralel konvensional yang tidak tumpang tindih trek, sehingga tidak mengalami penalti kinerja yang sama.

Pabrikan menyukai SMR karena drive membutuhkan lebih sedikit piring dibandingkan drive berbasis CMR, dan itu menghemat uang mereka. Sayangnya, produsen yang sama ini juga menimbulkan kontroversi dengan menjual drive SMR yang bisa dibilang lebih rendah ini—terutama di hard drive USB—tanpa secara terbuka mengiklankan fakta itu.

Diagram trek CMR vs. SMR di hard drive
Menulis trek hard drive dengan CMR (atas) vs. SMR (bawah). gerbang laut

Untungnya, Anda dapat mengambil tebakan dari belanja hard drive USB eksternal dengan merakit drive sendiri. Menggunakan drive CMR yang ditandai dengan jelas dari vendor terkemuka dan penutup hard drive USB yang murah, Anda akan siap dan berjalan dalam waktu singkat.

Penting untuk dicatat bahwa ada banyak jalan yang dapat Anda tempuh dalam hal menggulirkan penyimpanan eksternal Anda sendiri, termasuk memilih ukuran drive yang berbeda (2,5″), SSD, atau susunan RAID yang secara dramatis meningkatkan kinerja. Untuk saat ini, kita akan tetap membuat drive USB eksternal USB 3.0 sederhana yang menggunakan hard disk 3,5″ CMR. Ini akan ideal untuk cadangan rumah.

Pertama, Pilih Model Hard Drive Internal

Inti dan jiwa dari hard drive USB kustom Anda adalah hard disk internal SATA—jenis yang Anda masukkan ke dalam build PC kustom atau NAS. Dalam situasi ini, kami akan fokus pada disk 3,5″ konvensional karena mereka menawarkan berbagai pilihan penyimpanan dengan harga dan kinerja yang wajar.

Yang terpenting ketika memilih hard drive adalah memilih yang menggunakan teknologi CMR (dan menghindari drive SMR, seperti dijelaskan di atas). Sementara beberapa produsen tidak terbuka tentang drive mana yang menggunakan SMR, Seagate menyediakan bagan praktis yang menunjukkan model hard drive mana yang menggunakan teknologi CMR atau SMR.

Dalam pembuatan drive kami, kami memilih hard drive IronWolf 8 TB untuk keseimbangan antara kapasitas dan harga. Mulai April 2022, semua hard disk IronWolf menggunakan CMR, yang Anda inginkan untuk hard disk cadangan atau penyimpanan berperforma lebih tinggi. Mereka juga beroperasi pada 7200 RPM, yang berarti waktu akses lebih cepat.

Amazon

$184,99 
$214,00 Hemat 14%

Dan seperti hampir semua hard drive modern, drive IronWolf menggunakan standar koneksi Serial ATA (SATA). Ini penting untuk diperhatikan karena enklosur yang akan kita pilih di bawah ini.

Tentu saja, Anda dapat memilih hard disk SATA 3,5 inci yang Anda inginkan. Pastikan ia menggunakan CMR untuk teknik perekamannya, dan ketahuilah bahwa terkadang produsen melabelinya sebagai “PMR”, untuk Perekaman Magnetik Paralel. PMR pada dasarnya sama dengan CMR.

Selanjutnya, Pilih Kandang Hard Drive USB

Sekarang setelah Anda memilih hard disk SATA 3,5″, saatnya untuk membeli penutup USB. Ada lusinan yang tersedia di pasaran, sebagian besar dari vendor OEM generik dengan lencana berbeda. Pilihan enklosur USB memiliki pengaruh besar pada kinerja karena setiap enklosur menyertakan papan antarmuka yang menerjemahkan antara standar SATA yang digunakan oleh hard drive dan standar USB yang Anda gunakan untuk menghubungkannya ke PC Anda. Kami akan membidik enklosur USB 3.0 di sini untuk tujuan harga, tetapi juga memungkinkan untuk menemukan enklosur yang mendukung standar yang lebih cepat seperti USB 3.2.

Untuk build kami, kami memilih ORICO Toolfree USB 3.0 ke SATA External 3.5” Hard Drive Enclosure, karena mencakup semua yang Anda butuhkan (selain hard disk), mudah dipasang, mendukung kecepatan transfer USB 3.0, termasuk tombol daya , dan dijual dengan harga hanya sekitar $24.

Enklosur ORICO adalah pembelian yang dapat diservis untuk lingkungan yang tidak kokoh, seperti desktop di rumah yang bersih dan ber-AC. Jika tidak, ia memiliki beberapa kelemahan, termasuk penutup plastik yang tidak menghantarkan panas dengan baik dan tidak ada pemasangan mekanis di dalam unit (drive mudah tergelincir di tempatnya, seperti yang akan Anda lihat di depan). Jika Anda menginginkan casing yang sedikit lebih kuat untuk lingkungan berkinerja tinggi, Anda dapat mencoba Inateck 3.5″ Hard Drive Enclosure sebagai gantinya (sekitar $30).

Alternatif kandang logam lainnya adalah OWC Mercury Elite Pro Storage Enclosure. Ini mendukung USB 3.2 dan agak lebih mahal sekitar $55. Salah satu dari enklosur ini akan berfungsi pada PC, Mac, atau Linux setelah Anda memformat drive yang akan Anda masukkan dengan sistem file yang tepat.

Akhirnya, Satukan Mereka

Sekarang setelah Anda memiliki enklosur USB dan drive SATA, saatnya untuk menyatukan kedua bagian tersebut. Untuk enklosur ORICO, Anda hanya perlu melepas penutup plastiknya, memasukkan hard disk ke dalam slot SATA di dalamnya, lalu memasang kembali casingnya. Anda akan melihat bahwa tidak ada yang menahan hard drive selain konektor SATA dan casing plastik di sekitarnya, jadi untuk membuatnya lebih pas, gunakan sisipan busa yang disertakan dengan casing ORICO untuk memasang drive pada tempatnya.

Hard drive USB dalam perakitan.

Seperti dibahas di atas, desain ORICO memiliki pro dan kontra. Pro adalah lebih seperti dok SATA, di mana akan mudah untuk mengganti hard drive jika perlu. Kekurangannya adalah tidak aman secara mekanis untuk lingkungan yang kasar. Jika Anda membeli casing Inateck atau OWC agar lebih pas, pemasangan hard drive mudah dilakukan dengan beberapa sekrup.

Setelah dirakit, colokkan drive ke PC atau Mac Anda menggunakan kabel USB yang disediakan dan nyalakan. Dalam beberapa kasus, hard drive mungkin sudah diformat dan siap digunakan. Jika tidak, Anda dapat menggunakan Manajemen Disk di Windows atau Utilitas Disk di Mac untuk mempartisi dan memformat drive. Di Windows, Anda harus memilih sistem file NTFS, dan memilih AFS di Mac. Jika Anda ingin memformat drive untuk digunakan pada Mac dan Windows, pilih exFAT sebagai sistem file.

Untuk pencadangan di Windows, fitur Riwayat File bawaan sederhana dan mudah digunakan. Di Mac, Anda dapat menggunakan drive USB baru dengan Time Machine untuk memudahkan pencadangan. Nikmati drive baru Anda!

spot_img

latest articles

explore more