spot_img
14.7 C
London
spot_img
HomeNewsGoogle Play Store Sekarang Akan Menampilkan Data Apa yang Dikumpulkan oleh Aplikasi

Google Play Store Sekarang Akan Menampilkan Data Apa yang Dikumpulkan oleh Aplikasi

Google telah mengambil langkah lebih lanjut dalam upayanya untuk menyediakan banyak fitur keamanan dan privasi kepada orang-orang dengan memperkenalkan bagian Keamanan Data di Google Play Store. Fitur privasi baru ini, yang diumumkan tahun lalu, akan memberi tahu pengguna data apa yang dikumpulkan oleh aplikasi, seperti Label Nutrisi Apple di App Store.

Google Play Store Mendapatkan Bagian Keamanan Data baru

Dengan bagian Keamanan Data yang baru, Google mengharuskan pengembang aplikasi untuk memberikan informasi kepada pengguna seperti bagaimana data mereka dikumpulkan oleh aplikasi. Untuk mengingat, itu sebelumnya diharapkan untuk ditayangkan pada bulan Februari tahun ini.

Bagian ini terutama menunjukkan informasi tentang jika aplikasi mengumpulkan data pengguna dan untuk tujuan apa dan jika aplikasi mengikuti Kebijakan Keluarga Google Play. Ini juga menjawab pertanyaan apakah data pengguna dibagikan dengan pihak ketiga atau tidak. Ini juga menyoroti langkah-langkah keamanan pengembang aplikasi yang diambil untuk melindungi data pengguna.

bagian keamanan data google play store diperkenalkan

Google, dalam sebuah posting blog, mengatakan bahwa hanya menampilkan data apa yang dikumpulkan aplikasi tidak cukup dan diperlukan lebih banyak informasi. Karena itu, “itu merancang bagian Keamanan data untuk memungkinkan pengembang menandai dengan jelas data apa yang dikumpulkan dan untuk tujuan apa data itu digunakan. Pengguna juga dapat melihat apakah aplikasi memerlukan data ini untuk berfungsi atau apakah pengumpulan data ini opsional.

Bagi mereka yang tidak tahu, ini mirip dengan label privasi App Store yang diperkenalkan dengan iOS 14. Ini juga memberikan informasi serupa tentang berbagai aplikasi iOS kepada pengguna. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang ini, Anda bisa menuju ke sini.

Bagian Keamanan Data baru hadir sebagai tambahan untuk berbagai fitur yang berfokus pada privasi seperti Dasbor Privasi, indikator kamera/mikrofon, dan banyak lagi.

Google membuatnya wajib bagi pengembang untuk mengisi bagian ini sebelum Juli 2022. Jika pengembang mengubah praktik penanganan data atau fungsionalitas aplikasi, itu juga perlu masuk ke bagian baru. Jadi, apa pendapat Anda tentang fitur privasi Google Play Store yang baru ini? Beri tahu kami pendapat Anda di komentar di bawah.

spot_img

latest articles

explore more