spot_img
14.4 C
London
spot_img
HomeNewsKapan Harus Mengganti Kabel Pengisian Lama Anda

Kapan Harus Mengganti Kabel Pengisian Lama Anda

Kitthanes/Shutterstock.com

Sudahkah Anda menggunakan kabel pengisi daya yang sama selama bertahun-tahun? Sangat mudah untuk terikat secara emosional, tetapi Anda mungkin tidak menyadari bahwa perangkat Anda mengisi daya jauh lebih lambat dari yang seharusnya. Berikut adalah beberapa tanda yang jelas yang mungkin memerlukan penggantian.

Kawat Rusak atau Rusak

Setiap orang telah berurusan dengan ini beberapa jika tidak puluhan kali dalam hidup mereka. Anda membeli kabel pengisi daya baru untuk elektronik Anda, dan beberapa bulan atau bahkan berminggu-minggu kemudian kabel mulai rusak atau berhenti bekerja.

Jika Anda melihat ada kabel yang terbuka, itu berarti kabel berada di kaki terakhirnya. Sebaiknya Anda menahan diri untuk tidak menggunakan kabel karena dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada perangkat Anda, atau lebih buruk lagi, sengatan listrik atau bahaya kebakaran. Jika Anda tidak melihat kerusakan yang terlihat pada kabel tetapi masih tidak mengisi daya, pastikan kabel terpasang dengan benar atau coba stopkontak lain.

Biasanya lebih baik membeli kabel pengganti baru daripada mencoba memperbaikinya sendiri. Kabel pengisi daya seringkali cukup murah, terutama untuk perangkat yang lebih kecil, seperti ponsel atau iPad Anda. Kali ini, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam kabel berkualitas lebih tinggi dari merek terkemuka. Anda harus tahu bahwa itu terbuat dari bahan yang kokoh dan diperkuat, seperti Pengisi Daya iPhone Native Union. Bagian terbaiknya adalah jenis kabel yang diperkuat ini dirancang untuk tahan terhadap keausan yang konstan, jadi Anda tidak perlu khawatir akan membengkokkan dan mematahkannya.

Semua kabel akhirnya rusak dan mati, tetapi itu tidak berarti Anda tidak boleh merawatnya dengan baik. Lakukan yang terbaik untuk menghindari menempatkan mereka melalui terlalu banyak kerusakan. Pelajari cara membungkus kabel dengan benar, gunakan pelindung kabel, dan jauhkan dari tempat yang suhunya tinggi.

Beberapa kabel pengisi daya mungkin mahal untuk diganti, terutama untuk perangkat yang lebih besar seperti laptop. Daripada membuang yang rusak, hubungi bengkel kabel untuk mengetahui berapa biaya yang mereka kenakan untuk memperbaikinya. Tentu saja, jika biaya perbaikan lebih besar daripada penggantian, dapatkan penggantinya.

Kecepatan Pengisian Lambat

Kabel pengisi daya yang membutuhkan waktu lama untuk mengisi ulang perangkat Anda sama saja dengan mati. Ya, Anda akhirnya akan mendapatkan baterai Anda hingga 100 persen, tetapi hanya setelah berjam-jam menunggu. Menunggu berjam-jam sangat merepotkan dan mungkin berbahaya.

Proses pengisian daya yang terlalu lama dapat menyebabkan penumpukan panas yang tidak biasa, yang bahkan dapat merusak perangkat Anda atau mengurangi kapasitas baterainya. Anda tidak ingin mengambil risiko hal-hal berbahaya apa yang mungkin terjadi pada perangkat yang kelebihan beban atau terlalu panas yang masih mengisi daya.

Kabel yang rusak tidak sebanding dengan risikonya, tetapi Anda masih dapat menggunakan kabel yang lambat. Pastikan untuk mengawasi perangkat Anda dan cabut kabelnya segera setelah kapasitas penuh. Jika suatu saat pengisi daya atau perangkat Anda menjadi sangat panas, segera putuskan sambungannya dan tunggu beberapa saat sebelum mengisi daya lagi. Rasakan kabel pengisi daya saat dicolokkan ke perangkat Anda. Jika mulai terlalu panas setelah beberapa saat, itu berarti pengisi daya kelebihan beban dan bukan baterai itu sendiri.

Jika Anda ingin mengisi ulang lebih cepat, tingkatkan ke kabel yang dirancang untuk pengisian cepat. Anda biasanya akan melihat istilah “Pengisi Daya Cepat” dalam nama produk, seperti Kabel Pengisi Daya Cepat iPhone. Anda juga harus mencari kabel yang tahan lama selain kecepatannya yang cepat.

Koneksi buruk

Perasaan terburuk saat Anda mencoba mencolokkan pengisi daya ke salah satu perangkat Anda tetapi tidak lagi muat. Anda harus mendorongnya lebih keras atau menggoyangkannya sampai Anda menemukan tempat yang tepat untuk mengisi daya. Ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga merupakan tanda bahwa kabel pengisian daya Anda rusak.

Skenario terburuknya adalah port pengisian daya perangkat Anda rusak dan bukan kabelnya. Mari berharap ini tidak terjadi karena akan jauh lebih mahal untuk memperbaiki perangkat Anda. Ambil kabel pengisi daya lainnya, sebaiknya yang lebih baru, untuk melihat apakah sudah terpasang dengan benar. Jika cocok, kemungkinan kabel pengisian daya rusak. Namun jika tidak pas, kemungkinan port charging Anda rusak.

Pukulan ringan ke port untuk membersihkannya dan coba lagi. Atau, Anda dapat menggunakan tusuk gigi, atau sikat anti-statis untuk menyendok serat atau debu. Berhati-hatilah agar tidak merusak port pengisian daya saat Anda membersihkannya dengan menggunakan terlalu banyak tenaga. Keluarkan secara perlahan apa pun yang mungkin menghalangi kabel untuk terhubung ke perangkat Anda.

Jika semuanya gagal, pertimbangkan untuk mengganti kabel pengisi daya Anda daripada mencoba memperbaikinya. Seperti biasa, ini akan menghemat masalah dan potensi biaya perbaikan itu sendiri.

spot_img

latest articles

explore more