spot_img
16 C
London
spot_img
HomeNewsMikrofon Nirkabel Ideal Pembuat Konten

Mikrofon Nirkabel Ideal Pembuat Konten

Peringkat:
8/10
?

  • 1 – Sampah Panas Mutlak
  • 2 – Urutkan Sampah Suam-suam kuku
  • 3 – Desain Sangat Cacat
  • 4 – Beberapa Pro, Banyak Kontra
  • 5 – Sangat Tidak Sempurna
  • 6 – Cukup Baik untuk Beli Saat Obral
  • 7 – Hebat, Tapi Bukan Yang Terbaik di Kelasnya
  • 8 – Fantastis, dengan Beberapa Catatan Kaki
  • 9 – Diam Dan Ambil Uang Saya
  • 10 – Nirwana Desain Mutlak

Harga: $249

Kris Wouk

Anda dapat membuat video yang terlihat profesional hanya dengan ponsel cerdas, tetapi audionya lebih sulit untuk diperbaiki. Jika Anda akan membuat video YouTube atau konten lainnya, sistem mikrofon nirkabel Joby Wavo Air adalah item yang bagus untuk membantu Anda memulai, asalkan sesuai dengan apa yang Anda rencanakan untuk dibuat.

Inilah Yang Kami Suka

  • Pengaturan yang mudah
  • Audio yang terdengar bagus dari kedua mikrofon
  • Semua kabel yang Anda butuhkan sudah termasuk

Dan Apa yang Kami Tidak

  • Sedikit latensi
  • Paket pemasangan tambahan membutuhkan biaya tambahan
  • Indikator baterai LED agak samar

Wavo Air adalah sistem lengkap dengan semua yang Anda butuhkan untuk merekam satu atau dua orang menggunakan mikrofon bergaya shotgun untuk penggunaan umum atau sebagai mikrofon lavalier clip-on untuk merekam orang yang sedang berbicara. Lebih baik lagi, sistemnya nirkabel, setidaknya untuk sebagian besar.

Jika Anda ingin merekam wawancara atau mulai membuat video YouTube, sistem ini adalah tempat yang bagus untuk memulai, tetapi ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum meraih dompet Anda.

(Hampir) Semua yang Anda Butuhkan

Seperti disebutkan di atas, Joby Wavo Air bukan hanya beberapa mikrofon, ini adalah sistem yang lengkap. Di dalam kotak, Anda mendapatkan satu penerima, yang dihubungkan ke kamera, ponsel, atau komputer Anda melalui jack headphone 3,5 mm, bersama dengan dua pemancar, masing-masing dengan mikrofon internal.

Itu jauh dari keseluruhan sistem. Anda juga mendapatkan dua mikrofon lavalier asli lengkap dengan klip untuk dipasangkan ke speaker. Ini adalah kabel, tetapi kabel yang disertakan cukup panjang untuk dicolokkan ke pemancar saat tersembunyi dari pandangan.

Jika Anda hanya ingin merekam video cepat dan tidak ingin berurusan dengan kliping pada mikrofon lavalier, Joby memiliki solusi baru. Termasuk dengan asesorisnya adalah lanyard kecil dengan cakram magnetik yang tergantung di sana. Kenakan ini di leher Anda, tampar salah satu pemancar, dan Anda siap untuk pergi.

Termasuk lanyard magnetik untuk Wavo Air
Kris Wouk

Mic lavalier memiliki kaca depan busa standar, terutama dimaksudkan untuk menghentikan kebisingan angin kecil dan memblokir plosif (pikirkan suara ‘p’ yang muncul). Jika Anda menggunakan mikrofon internal pada pemancar, ada layar bergaya windjammer yang lebih halus yang disertakan.

Joby bukanlah pendatang baru dalam membantu orang membuat video saat bepergian. Ini adalah perusahaan yang memberi kami GorillaPod, tripod pendek dan fleksibel dengan magnet internal yang memungkinkan Anda memasangnya di hampir semua hal. Bahkan ada klip di dalam kotak untuk memasang pemancar ke kaki GorillaPod.

Akhirnya, hampir semua kabel yang Anda butuhkan disertakan. Anda mendapatkan tiga kabel pengisi daya USB-C ke USB-A—masing-masing satu untuk penerima dan pemancar. Anda juga mendapatkan kabel TRS 3,5 mm (umumnya dikenal sebagai jack headphone) untuk mencolokkan receiver ke kamera dan kabel TRRS untuk mencolokkan ke telepon.

Itu membawa kita ke satu hal yang tidak disertakan: adaptor USB atau Lightning untuk menggunakan sistem ini dengan smartphone. Jika Anda sudah melakukan produksi video menggunakan telepon, Anda mungkin memiliki beberapa adaptor, tetapi mengingat sistem ini tampaknya ditujukan untuk mereka yang terjun ke dalam pembuatan video, alangkah baiknya melihat ini disertakan.

Kami telah menautkan pilihan teratas kami untuk USB-C dan Pencahayaan ke adaptor jack headphone 3,5 mm di bawah ini jika Anda belum memilikinya.

Bersiap untuk Merekam

Pengaturannya sangat mudah, terlepas dari apa yang mungkin Anda pikirkan setelah mengeluarkan semuanya dari kotak. Pemancar dan penerima sudah dipasangkan sebelumnya saat tiba, jadi yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan pemotretan pertama Anda adalah memastikan semuanya terisi daya.

Menghidupkan penerima dan pemancar itu sederhana, karena masing-masing memiliki satu tombol di bagian depan yang Anda tekan lama untuk menghidupkan dan mematikan perangkat. Nyalakan penerima, lalu nyalakan setiap mikrofon, dan semuanya akan menyala untuk memberi tahu Anda bahwa mikrofon aktif. LED di atas tombol memberi tahu Anda waktu baterai yang tersisa.

Termasuk windjammer pada pemancar Wavo Air
Kris Wouk

Yang tersisa hanyalah mencolokkan mikrofon lavalier, dengan asumsi Anda menggunakannya. Kemudian colokkan penerima ke kamera, telepon, atau apa pun yang mungkin Anda gunakan untuk merekam.

Penerima termasuk dudukan sepatu dingin yang memungkinkannya duduk di atas kamera. Jika Anda menggunakan telepon, banyak dudukan tripod telepon menyertakan titik pemasangan cold shoe, tetapi jika Anda merekam dengan perangkat lain, Anda mungkin harus mengimprovisasi cara memasang penerima.

Suara Gulung (Kualitas)

Meskipun Anda dapat menggunakan mikrofon dalam sistem ini untuk apa pun yang Anda inginkan, mikrofon ini sangat ditujukan untuk video. Lebih khusus lagi, mereka ditujukan untuk menangkap suara manusia di kamera, jadi sistem ini sangat cocok untuk video bergaya vlog, wawancara, atau jenis konten lain di mana Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk berbicara.

Jika Anda membuat video bergaya vlog di mana hanya Anda yang berbicara dengan kamera, salah satu pemancar dengan windjammer yang terpasang di atas kamera Anda akan berfungsi dengan baik sebagai mikrofon shotgun darurat. Segera setelah Anda berada lebih dari beberapa meter dari kamera, Anda akan ingin memilih mikrofon lavalier untuk perekaman suara Anda yang lebih langsung.

Termasuk mikrofon lavalier yang dicolokkan ke pemancar Wavo Air
Kris Wouk

Kualitas suaranya bagus pada mikrofon internal dan mikrofon lavalier. Joby tampaknya tidak memiliki grafik frekuensi seperti kebanyakan produsen mikrofon tradisional, hanya rentang frekuensi 50 Hz hingga 18 KHz. Saya telah menggunakan banyak mikrofon selama bertahun-tahun, dan hanya berdasarkan pendengaran saya, sepertinya mikrofon dalam sistem ini sebagian besar berfokus pada frekuensi di sekitar rentang vokal kita.

Ada beberapa latensi yang sangat sedikit menggunakan pemancar dan penerima nirkabel, tetapi tidak lebih dari beberapa milidetik. Merekam beberapa video uji di ponsel saya, saya menemukan bahwa suara saya disinkronkan dengan video hampir sempurna. Dalam kebanyakan kasus, saya tidak dapat melihat banyak alasan untuk menggeser audio secara manual untuk menyelaraskan lebih baik, tetapi ini adalah tugas sederhana di sebagian besar perangkat lunak pengeditan video.

Salah satu fitur bagus dari sistem ini adalah modularitasnya. Misalnya, jika Anda ingin memutakhirkan mikrofon lavalier, atau Anda sudah memiliki mikrofon lavalier yang lebih bagus, input standar pada pemancar berarti Anda dapat menggunakan mikrofon apa pun yang Anda inginkan.

Tanpa Kabel, Banyak Waktu

Joby mengklaim waktu perekaman hingga enam jam untuk Wavo Air. Saya tidak menguji ini dalam rekaman gaya maraton, tetapi saya berhasil menyiasati daya tahan baterai sebanyak itu saat saya menguji sistem.

Sebelumnya dalam ulasan, saya menyebutkan bahwa LED pada pemancar menunjukkan sisa masa pakai baterai. Ini benar, jika dalam arti yang relatif sederhana. Pada awalnya, Anda akan mendapatkan LED biru solid, kemudian LED merah yang lebih kecil akan menyala saat Anda memiliki waktu 90 menit lagi. Ketika itu mulai habis, lampu berkedip.

Indikator baterai LED Wavo Air
Kris Wouk

Selain itu, dengan Wavo Air, Joby mengikuti tren terbaru termasuk kabel pengisi daya tetapi tanpa pengisi daya. Hal ini dapat membuat frustasi dengan lebih banyak perangkat yang haus daya, tetapi penerima dan pemancar memerlukan keluaran daya yang sangat sedikit untuk mengisi daya sehingga Anda dapat menggunakan pengisi daya apa pun yang Anda miliki.

Ketika baterai akhirnya habis, Anda hanya perlu mengisi daya selama dua jam untuk membuat Anda kembali penuh. Pengisi daya yang lebih lemah secara teoritis dapat mengisi daya ini lebih lambat, tetapi Anda harus mendapatkan pengisian daya yang cepat dengan pengisi daya USB apa pun.

Pengisi Daya Telepon Terbaik 2022


Pengisi Daya USB C TECKNET 65W PD 3.0 GaN Pengisi Daya Tipe C Adaptor Lipat dengan Pengisi Daya Dinding Cepat 3-Port Kompatibel untuk iPhone 13 Pro Max/13 Pro/13/13 Mini, MacBook Pro, iPad Pro, Switch, Galaxy S21/S20

Adaptor Daya USB-C Apple 20W

Pengisi Daya Dinding GaN Empat Port Amazon Basics 100W dengan 2 Port USB-C (65W + 18W) dan 2 Port USB-A (17W) – Putih (non-PPS)

Pengisi Daya Nirkabel Anker, Pengisi Daya Nirkabel 313 (Pad), 10W Max Bersertifikat Qi untuk iPhone 12/12 Pro/12 mini/12 Pro Max, SE 2020, 11, AirPods (Tanpa Adaptor AC, Tidak Kompatibel dengan MagSafe Magnetic Charging)

Pengisi Daya Mobil USB C 48W Super Mini AINOPE All Metal Fast USB Car Charger Adapter PD&QC 3.0 Port Ganda Kompatibel dengan iPhone 13 12 11 Pro Max X XR XS 8 Samsung Galaxy Note 20/10 S21/20/10 Google Pixel

Stasiun Pengisian 11-Port Techsmarter dengan 100W Lima USB-C PD, PPS 25/45W, Lima Port USB-A 18W & Pad Pengisi Daya Nirkabel 15W yang Dapat Dilepas. Kompatibel dengan MacBook, iPad, iPhone, Samsung, Dell, HP, Yoga…

Apakah Joby Wavo Air Mic yang Tepat untuk Anda?

Melihat-lihat web, saya tidak dapat menemukan terlalu banyak paket yang melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Joby Wavo Air. Rode Wireless GO II dan DJI Mic menawarkan kinerja yang sedikit lebih baik, tetapi keduanya juga lebih mahal. Wavo Air adalah produk untuk kasus penggunaan tertentu, dan ini adalah satu-satunya hal yang membuat rekomendasi Wavo Air menjadi rumit. Ini adalah produk yang hebat, selama Anda benar-benar membutuhkannya.

Kualitas suara pada mikrofon yang disertakan bagus, dan sistemnya cukup mudah digunakan sehingga saya mengetahui semuanya sebelum membaca manual. Tentu, akan menyenangkan melihat adaptor USB dan Pencahayaan disertakan, tetapi mengingat semua hal lain yang Anda dapatkan, paketnya masih terasa bagus.

Jika Anda tidak membutuhkan lebih dari satu mikrofon, sistem ini mungkin bukan untuk Anda. Yang mengatakan, jika Anda mencari sistem mikrofon nirkabel semi-modular yang akan menangani sebagian besar dari apa yang dibutuhkan pembuat konten, ini adalah paket all-in-one yang solid.

Inilah Yang Kami Suka

  • Pengaturan yang mudah
  • Audio yang terdengar bagus dari kedua mikrofon
  • Semua kabel yang Anda butuhkan sudah termasuk

Dan Apa yang Kami Tidak

  • Sedikit latensi
  • Paket pemasangan tambahan membutuhkan biaya tambahan
  • Indikator baterai LED agak samar

spot_img

latest articles

explore more