spot_img
14.7 C
London
spot_img
HomeNewsSetiap Logo Perusahaan Microsoft Dari 1975-2022

Setiap Logo Perusahaan Microsoft Dari 1975-2022

Sejak didirikan pada tahun 1975, Microsoft telah berkembang secara dramatis. Ketika produk dan era baru datang, perusahaan mengubah citra mereknya selama bertahun-tahun agar sesuai. Berikut adalah tampilan semua logo utamanya dari 47 tahun terakhir.

Garis Groovy: 1975-1980

Logo Microsoft dari 1975-1980
Microsoft

Kembali ketika Microsoft masih “Micro-Soft,” seniman grafis Simon Daniels menciptakan logo perusahaan pertama perusahaan menggunakan jenis huruf Aki Lines pada tahun 1975. Jenis huruf, yang dibuat oleh Akihiko Seki pada tahun 1970, menggunakan set tujuh garis menyapu untuk membentuk bentuk dari Microsoft. surat.

Pada saat itu, produk utama Microsoft adalah Altair BASIC untuk komputer mikro Altair 8800, yang memicu revolusi komputer pribadi secara besar-besaran. Bill Gates dan Paul Allen mendirikan Microsoft di Albuquerque, NM pada tahun 1975 agar dekat dengan pencipta Altair, tetapi memindahkan perusahaan ke Bellvue, WA pada tahun 1979 karena lini produk mereka diperluas untuk melayani komputer mikro lainnya juga.

Microsoft Goes Metal: 1980-1982

Logo Microsoft dari 1980-1982
Microsoft

Pada tahun 1980, Micro-Soft telah menjadi “Microsoft,” dan perusahaan tersebut menemukan dirinya di awal era baru dalam sejarah Microsoft: produk perangkat keras pertamanya. Ini bertepatan dengan rebranding logo besar. Dalam retrospeksi, hasilnya mengingatkan logo klasik dari band heavy metal rock seperti Metallica (yang logonya sebenarnya debut tiga tahun setelah ini).

Simon Daniels menciptakan logo Microsoft “logam” menggunakan jenis huruf Zelek Baru (dengan beberapa modifikasi, seperti perpanjangan “M” dan “R”), dan dapat dilihat di iklan awal untuk Microsoft SoftCard (yang menambahkan CPU Z80 ke komputer Apple II sehingga dapat menjalankan CP/M) dan Microsoft RAMCard, yang menambahkan RAM ke Apple II.

The Blibbet: 1982-1987

Logo Microsoft dari 1982-1987
Microsoft

Setelah hanya dua tahun dengan logo “logam berat”, Simon Daniels kembali ke papan gambar dan kembali dengan desain yang lebih konservatif berdasarkan jenis huruf ITC Avant Garde Gothic Demi Bold. Huruf “O” dalam logo, yang agak mengingatkan pada lubang di floppy disk 5,25″, kemudian disebut “Blibbet.” Yang lain menjulukinya “Bintang Kematian” setelah desain grafis terkomputerisasi ditampilkan di Perang Bintang (1977). Microsoft menggunakan Blibbet secara mencolok di papan nama perusahaan dan tanda air pada alat tulisnya.

Setelah berita datang bahwa Microsoft telah membayar banyak uang untuk desain logo baru pada tahun 1987 (lihat di bawah), orang iseng Hans Spiller dan Dave Norris di Microsoft membagikan memo dan tombol pin yang bertuliskan “Simpan Blibbet.” Tapi cinta untuk Blibbet ternyata lebih dalam dari sekadar lelucon di perusahaan. “Banyak orang mengumpulkan barang-barang Blibbet dan memiliki koleksi di kantor mereka,” kata veteran Microsoft Steven Sinofsky, yang kemudian menjadi Presiden divisi Windows. “Bahkan ketika saya mulai, orang-orang masih membicarakan Blibbet, karena selalu ada sedikit nuansa ATT/Death Star. Ada banyak keterikatan padanya.”

Logo “Pac-Man”: 1987-2012

Logo Microsoft dari 1987-2012
Microsoft

Saat Windows ditayangkan perdana di era Blibbet (lihat di atas), OS tumbuh menjadi kekuatan budaya dan bisnis di seluruh dunia di bawah pemerintahan logo baru yang diperkenalkan pada 26 Februari 1987. Logo tersebut menampilkan penggunaan huruf kecil untuk pertama kalinya, dan itu juga mengandalkan jenis huruf miring (Helvetica Italic Black) dan takik khusus di “O”. Pada tahun 1987, desainer logo Scott Baker berkomentar, “Logo baru, dalam jenis huruf miring Helvetica, memiliki garis miring antara o dan s untuk menekankan bagian ‘lunak’ dari nama dan menyampaikan gerakan dan kecepatan.”

Takik di “O” mengingatkan beberapa orang pada mulut Pac-Man, sehingga secara informal dikenal sebagai logo “Pac-Man”. Logo ini, yang menampilkan beberapa desain ulang kecil selama bertahun-tahun, tidak hanya menyaksikan kesuksesan Windows, tetapi juga melihat kebangkitan Xbox dan lusinan lini produk lainnya sepanjang sejarah 25 tahun, menjadikannya logo Microsoft yang bertahan paling lama sejauh ini. .

Grid: 2012-2022

Logo Microsoft dari 2012 hingga sekarang.
Microsoft

Pada tanggal 23 Agustus 2012, Microsoft meluncurkan logo baru pertamanya dalam 25 tahun, yang dirancang oleh Jason Wells. Ini menggabungkan font Segoe Semibold yang digunakan perusahaan dalam antarmuka perangkat lunaknya. Untuk pertama kalinya, logo Microsoft menampilkan simbol yang berdiri sendiri dari jenis logo: empat kotak, mewarnai empat warna tradisional Windows (merah, hijau, biru, kuning) seperti yang ditemukan dalam logo “bendera” yang terkenal.

Grid juga mungkin mengacu pada bahasa desain Metro yang ditemukan di Windows 8—sebuah OS yang memulai debutnya tepat sebelum peluncuran logo. Metro menampilkan panel persegi panjang, bukan ikon. Meskipun Microsoft tidak lagi menggunakan Metro di Windows 11, Microsoft meminjam dari logo Microsoft ini saat meluncurkan logo Windows barunya pada tahun 2021—mengambil empat kotak dan mengubahnya menjadi biru.

Dengan sedikit modifikasi, logo “grid” ini masih digunakan 10 tahun kemudian. Selama ada Microsoft, perusahaan akan selalu membutuhkan logo. Akan menyenangkan untuk melihat seperti apa masa depan desain logo Microsoft saat perusahaan terus berkembang.

TERKAIT: Sejarah Visual Ikon Windows: Dari Windows 1 hingga 11

spot_img

latest articles

explore more